WHAT'S NEW?
Loading...

PERMASALAHAN PADA JIBAS (DEBIAN)

MASALAH PADA JIBAS



Karena banyak yang minta penjelasan, sampe temen2 saya maksa suruh apdet ini blog buat Permasalahan Jibas. it's Okay lah.

Ini permasalahan yang saya temui setiap setelah saya Install Jibas di Server saya

Oke
Sebelumnya Install dulu Jibas nya sampe selesai (baca sini)

LANGSUNG AJA SOB!!

MASALAH 1

Pada Saat saya mau ganti nama sekolah, itu selalu gagal

1. Pada Menu Utama, coba Klik "Akademik" terus login (user & password baca sini)

2. Klik Identitas Sekolah

3. Kemudian coba ganti nama sekolahnya, klik simbol pensil 


4. Setelah diedit, Simpan

5. JENGJET, Eror ya? liat dulu pesan erornya apa. Disini saya dapetnya "user ('root'@'%') doesn't exist"

6. Cara mengatasinya yaitu, Login ke PhpMyAdmin

7. Klik Tab Privileges pada halaman pertama

8. Klik Add New User


9. Buat user sesuai dengan pesan errornya tadi (username = root, host = %)


10. Kemudian pada Global Privileges, Check All. Setelah itu Klik Go


11. Balik lagi ke Jibas, sekarang coba edit lagi nama sekolahnya.


MASALAH 2

Masalah yang saya dapat lagi yaitu; saat saya mo Edit nama Pegawai / menambahkan pegawai selalu eror/tidak bisa

1. Masih di "Akademik" Klik Pegawai

2. Coba untuk "Tambah Pegawai" atau edit data yang udah ada


3. Coba Simpan

4. NAH!! Ini pesan eror yang saya dapat. Ternyata erornya tidak ada Coloumn 'gelarawal' di tabel pegawai (database = jbssdm)


5. Coba gunakan database yang udah saya siapin ini Download sini

6. Masuk ke server (Debian), kemudian pindahkan database yang udah didownload tadi. (sesuaikan folder masing2 tempat nyimpen db jibas yang udah didownload tadi)
~# mysql jibas < /var/www/jibas_db.sql -u root -p

7. Balik lagi ke Jibas. Sekarang coba tambahin Pegawai/edit pegawai.


See? You can add many more


-----------------------------------------------------------------
- Diatas adalah masalah yang saya dapat setelah install Jibas
- Kalo ada masalah yang lain dari yang diatas, silahkan tanyakan disini. Mungkin saya bisa bantu  (soalnya tiap orang beda2 masalahnya)
-----------------------------------------------------------------


-----------------------------------------------------------------
*Kalau ada yang mau mengcopy-paste silahkan, tapi harap cantumkan blog ini ya. Jadi blog kita sama-sama rame
*Kalau penjelasan ada yang salah/gajelas, tolong komentar, jadi kita belajar sama-sama
---------------------------------------------------------------------------------

0 komentar:

Post a Comment